10 Trik Mudah Bikin Kamar Kosan Lebih Luas

Apa yang kiranya terbesit dalam benakmu ketika mendengar kata kosan? Sumpek mungkin kata yang pertama kali kamu ucapkan. Jika kamar kosan amburadul, sebaiknya kamu mulai berbenah dulu.

 

Sebab, kenyamanan bisa menentukan cepat atau lambatnya kamu dalam memahami materi. Coba saja bayangkan belajar di tengah tumpukan fotokopi materi, baju kotor, bungkusan kripik pedas atau sepatu yang berceceran di dekat pintu? Bukannya belajar, malah jadi malas.

 

Jika kamu kurang beruntung mendapat kamar kos sebesar kotak sepatu, kamu perlu banget trik menata kamar kosan agar terlihat lebih luas. Tidak perlu desainer interior, yang kamu perlukan hanya waktu luang untuk berbenah.

 

Intip trik yang dilansir dari Her Campus, Jumat (16/9/2011):

 

  1. Box penyimpan di bawah kasur

Kalau tempat tidur di kamar kosan tidak berupa matras saja, kamu bisa menggunakan box plastik besar yang ada tutupnya untuk menyimpan apa saja di bawah kasur.

Baiknya sih kamu menyimpan kebutuhan yang enggak sering kamu pakai sehari-hari semisal seprai tambahan, P3K, handuk salinan, DVD atau mungkin kertas kuliah yang belum sempat kamu sortir.

 

2.  Floating shelf

Rak yang bisa ditempel di dinding atau yang biasa dikenal dengan floating shelf berguna untuk menata buku-buku teks, kebutuhan perawatan tubuh seperti parfum, dan lainnya. Selain efisien, floating shell ini bisa kamu pindah-pindahkan sesuka hati jika ingin menata ulang kamar kosan.

 

  1. Tata ulang lemari

Peraturan yang perlu banget kamu ingat, yakni jangan membawa semua baju yang kamu punya di lemari rumahmu ke lemari di kosan. Pastikan kamu membawa baju sekiranya perlu dan tidak terlalu memenuhi lemari kosanmu, gunakan laci plastik yang bisa dibeli terpisah di toko untuk memaksimalkan ruang lemari.

Jika punya lemari gantung, kamu bisa gunakan lemari gantung untuk sepatu yang terbuat dari bahan flanel, praktis dan efisien.

 

  1. Siasati Meja Belajar

Pada meja belajar biasanya ada laci kecil, kamu bisa manfaatkan laci-laci tersebut untuk memasukkan keperluan belajarmu. Enggak hanya itu sih, kamu juga bisa gunakan laci plastik seperti yang kamu gunakan untuk lemarimu untuk penataan yang lebih terorganisir.

 

Hindari banyak aksesori diatas meja belajar agar terkesan rapi, jika perlu lampu belajar, beli yang bisa ditempel di dinding.

 

  1. “Pantry” sederhana

Jika di ada kulkas di kamar kosanmu, pergunakan sebijak mungkin. Jangan banyak membeli jajanan yang akhirnya tidak kamu makan dan membusuk di kulkas. Pegunakan kulas untuk menyimpan makan malam atau hidangan cepat saji, atau susu. Jika memungkinkan untuk menggunakan microwave, akan lebih baik lagi.

6.   Sulap pintu kamar

Kalau kamu enggak punya lemari gantung untuk sepatumu, jangan beli rak sepatu, itu akan makan tempat. Gunakan tempat sepatu yang bisa di gantung di pintu.

7.   Maksimalkan sudut ruangan

Jika punya lemari sudut, gunakan untuk menyimpan tas, laptop, atau hidangan yang akan disantap. Lemari ini gunanya hanya “tempat transit” biarkan kosong, karena akan berguna untuk apa saja.

8.   Perabot minimalis

Gunakan furnitur dan perabot yang minimalis, usahakan untuk tidak ada yang tercecer di lantai atau berserakan di atas meja, karena akan membuat kamar kosan terkesan sempit.

 

9.   Siasati kursi

Sadar atau tidak, kursi juga bisa dijadikan tempat penyimpanan. Jika kursimu dari kayu, kamu bisa siasati dengan membuat rak dari triplek unutuk menyimpan sesuatu! Kreativitasmu bisa tersalurkan jika sering menyiasati sesuatu.

 

10. Manfaatkan Dinding

Sebisa mungkin jauhi memasang poster-poster idola kamu, memang sih itu hak kamu, tapi kenapa tidak kamu gunakan dindingmu untuk menggantung tas dengan menggunakan kait baja? Atau gunakan untuk menggantung handuk mandi yang lembab sekalian berfungsi sebagai jemuran multi fungsi.

 

 

 

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/09/15/373/503230/10-trik-mudah-bikin-kamar-kosan-lebih-luas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: