11 Resolusi Jadi Mahasiswa Paling Oke

Jadi mahasiswa yang cuma tahu belajar atau demo saja sudah enggak zaman.Adabaiknya, jadilah mahasiswa yang tidak hanya oke di akademis saja tetapi eksis di luar kampus juga.

 

Kolomnis Scott Rosenfeld yang menggawangi laman Her Campus, membeberkan tips mudah bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa paling oke di dalam dan di luar kampus.

 

Ini dia resolusinya, seperti yang telah dilansir Rabu (7/9/2011).

 

  1. Teroganisir

Jadi mahasiswa teledor dan ngaret? Itu sih jaman dulu. Mahasiswa oke baiknya bisa mengorganisir segala hal yang berhubungan dengan perkuliahan. So, atur ulang jadwal kuliahmu, jadwal magangmu, serta buku dan kertas kuliah. Ingat juga untuk mencatat setiap tanggal pengumpulan tugas, ujian, serta yang juga penting, liburan.

2.  Olahraga

Sering bolos kuliah karena sakit, atau kehabisan nafas ketika mengejar dosen untuk mengumpulkan tugas? Waduh, kurang olahraga tuh. Jangan menampik kenyataan, olahraga itu penting untuk menjaga kesehatanmu, segera masukkan olahraga ke dalam jadwalmu. Selain akademis, kesehatan juga merupakan investasi penting.

3.  Nikmati Waktu

Stress akibat padatnya jadwal kuliah dan magang, atau dekatnya tenggat waktu cicilan Bab 2 skripsi pasti membuatmu muak dengan kuliah. Jangan menyusahkan diri, nikmati saja waktu yang memusingkanmu itu, percaya deh, pengalaman kuliah tidak datang berkali-kali. Kalau terlalu fokus dengan rasa stress tersebut, bisa menyesal nanti.

 

4.  Nabung

Menabung, tidak hanya penting bagi mahasiswa kos saja, tetapi mahasiswa yang tidak kos. Ayo mulai kelola keuanganmu sedari sekarang, ingat, orangtua tidak selamanya bisa dimintai uang. Dengan menabung, kamu tidak hanya bisa meringankan sedikit beban orangtua, tapi juga sebagai uang jaga-jaga ketika terjadi sesuatu yang membutuhkan uang.

 

5.   Dermawan

Siapa yang bilang, mahasiswa itu “manusia kere yang pelit”? Mahasiswa jaman sekarang dermawan kok. Sikap dermawan perlu kamu pupuk dari sekarang, kamu enggak akan tambah miskin lantaran berderma. Yang ada, rejekimu makin bertambah, ingat filosofi “Air tidak akan dituang pada gelas yang penuh, kecuali isinya di keluarkan”. Sama seperti rejekimu, tidak akan bertambah kalau tidak kamu dermakan.

6.   Independent

Jangan andalkan orang kecuali dirimu sendiri, dengan begitu, kamu akan terbiasa mandiri. Jadilah pribadi yang merdeka, ungkapkan ide-idemu dengan lugas di tempat magang atau kerjakan tugasmu dengan kemampuanmu sendiri tanpa campur tangan teman, serta ingat untuk berani menjadi diri sendiri.

 

7.   Jujur

Kalau kamu dari sekarang sudah gemar berbohong, bagaimana ketika turun ke masyarakat nanti ya? Makanya, kamu harus menjadi mahasiswa yang jujur. Yakni dengan sebisa mungkin tidak melakukan plagiat dalam membuat tugas, dan jujur kepada teman. Dengan kejujuran, kamu tidak akan hanya dipercaya teman, tetapi juga dipercaya dosen atau bahkan atasan di tempat magang.

 

8.   Berusaha yang terbaik di mana pun berada

Paksa dirimu untuk tidak tertidur dalam kelas, atau tetap mengerjakan tugas dikala siaran favoritmu sedang berlangsung. Tolak ajakan hangout di kafe menjelang ujian, atau berhenti bergosip di tempat magang. Usahakan untuk selalu mengontrol dirimu, kecuali di waktu libur.

 

9.   Jangan terlalu lunak dengan teman

Jika sudah berhubungan dengan teman, kamu enggak bisa berbuat apa-apa? “Cambuk” dirimu agar punya pendirian. Tidak selamanya teman membawamu kepada kebaikan, kadang terlalu terlena karena bersenang-senang dengan teman-teman malah akan menjauhkanmu dengan tujuanmu. Untuk kamu ketahui, teman yang baik adalah teman yang mendukung cita-citamu.

 

10. Giat membaca

Ilmu ada di mana-mana, luangkan waktumu untuk membaca lebih banyak. Kamu bisa membaca apa saja, baik dari buku, maupun dari internet. Dari buku teks hingga bungkus permen, percaya deh, kadang bacaan ringan bisa membantu memperkaya wawasanmu.

11. Jangan lebay

Segala sesuatu jika dilakukan dengan lebay, tidak selamanya baik loh. Hati-hati jangan sampai terjangkit “virus” lebay ya, usahakan semua berjalan seperti semestinya, tidak kurang atau pun lebih. Segala sesuatu jika berlebihan, akan membuatmu kelimpungan.

 

 

 

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/09/07/373/499896/11-resolusi-jadi-mahasiswa-paling-oke

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: